Tips Agar Anak Terbiasa Sarapan Pagi

Bookmark and Share


Anda pasti kadang bingung untuk mengajak anak anda sarapan pagi, padahal sarapan itu sangat penting untuk tumbuh kembang anak anda.
Lalu bagaimana cara agar anak anda mau untuk sarapan? inilah  lima tips cara agar si buah hati terbiasa sarapan.

1. Biasakan Anak Bangun Lebih Awal
Beberapa anak tidak ingin makan pagi karena mereka tidak lapar ketika bangun tidur. Untuk membuat si kecil merasa lapar, jangan biarkan mereka tidur terlalu malam dan ajari mereka bangun 15 hingga 20 menit lebih awal untuk melakukan rutinitas pagi, seperti membereskan tempat tidurnya sendiri atau melakukan olahraga 'kecil' di rumah. Dengan demikian, anak Anda menjadi lapar sehingga tidak mau melewatkan sarapan. Jika cara ini rutin dilakukan, anak pun akan terbiasa sarapan.

2. Tanyakan Menu Sarapan yang Diinginkan si Kecil
Selain tidak merasa lapar, hampir semua anak tidak suka menu makan pagi. Untuk menyiasatinya, coba Anda tanyakan makanan apa yang mereka inginkan. Berikan mereka pilihan menu sendiri untuk membuat sang buah hati terbiasa sarapan. Anda juga bisa memberikan mereka menu alternatif seperti, jus, buah, atau makanan sehat lainnya.

3. Buat Permainan
Anda bisa membuat permainan supaya anak mau makan pagi. Berikan 'poin' jika menu makanan yang telah disiapkan mereka habiskan. Kumpulan 'poin-poin' tersebut bisa buat mereka mendapatkan menu tambahan yang diinginkan, seperti pancake buatan sendiri atau kue favorit di akhir pekan. Hal ini akan membuat anak Anda terbiasa sarapan sebelum berangkat ke sekolah.

4. Coba Buat Menu Sarapan dari Berbagai Negara
Jika anak Anda menjadi sulit sarapan padahal sebelumnya tidak seperti ini, mungkin mereka bosan dengan menu yang itu-itu saja. Tidak ada salahnya jika mencoba menghidangkan menu dari berbagai negara. Baca buku serta penduan lainnya untuk mendapatkan referensi. Kemudian, coba sajikan makanan tersebut pada pagi hari dan mengganti menu setiap minggu. Hal itu dapat bikin anak semangat untuk makan pagi.

5. Taruh Sereal di Kamar atau Tas si Kecil
Jika cara-cara di atas tidak ampuh, coba taruh sereal di kamar atau tas agar dapat dimakan sewaktu mereka inginkan. Anda bisa membelikannya sebungkus sereal dengan susu. Selain itu, tambahkan yogurt, jus, atau sekotak susu kesukaannya untuk menambah variasi sarapan sang buah hati.


sumber : Sheknow

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar