Tips Menyeimbangkan Karir dan Keluarga

Bookmark and Share

Pekerjaan memang tidak pernah usai, jadi tak perlu dirisaukan. Meski begitu, pekerjaan yang amat padat tidak menjadi alasan untuk tidak mampu memanjakan diri sendiri dan tetap menjalani hubungan sosial dengan keluarga serta kerabat.

Bagi mereka yang sudah berkeluarga, membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga bukanlah hal mudah. Dalam hal ini, manajemen waktu menjadi prioritas utama dalam bekerja. Yang kerap ditemui, banyak orang tidak fokus mengerjakan satu demi satu pekerjaan sehingga banyak waktu terbuang tanpa ada satu pun pekerjaan yang terselesaikan.


Oleh karena itu, tak ada salahnya membuat jadwal pekerjaan per hari dan target mingguan yang harus diselesaikan. Urutkan pekerjaan berdasarkan tingkat prioritas dan tenggat waktunya. Atur dengan tepat berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk makan siang maupun rehat sejenak agar konsentrasi tetap terjaga. Terlalu lama beristirahat akan membuang waktu kerja, tetapi tidak beristirahat sama sekali juga tidak baik untuk kesehatan tubuh serta kebugaran otak.

Efektivitas kerja juga dipengaruhi dari kemampuan Anda bekerja dengan penuh konsentrasi. Oleh karena itu, singkirkan segala bentuk yang bisa menjadi pengganggu. Usahakan untuk tidak mengintip e-mail pribadi yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan terlalu lama atau membuka situs jejaring sosial sehingga tak banyak waktu terbuang percuma.

Bekerja efektif meminimalkan kemungkinan membawa sisa pekerjaan ke rumah. Anda juga perlu menjalin hubungan dan komunikasi dengan anggota keluarga lainnya demi keharmonisan keluarga. Kalaupun harus membawa pekerjaan ke rumah, Anda bisa menyiasatinya dengan menunggu setelah anak tertidur.

Cara lainnya, bekerja di rumah bisa menjadi "kegiatan bersama". Anak-anak belajar atau mengerjakan PR, Anda menyelesaikan pekerjaan. Lakukan di ruangan yang sama jika memungkinkan sehingga kebersamaan tetap terasa.

Kalaupun sudah membawa pulang pekerjaan di hari kaerja, bersikaplah disiplin dengan diri sendiri untuk tidak bekerja di akhir pekan. Hal ini penting untuk menjaga kebugaran bagi tubuh serta lepas dari beban stres. Menyeimbangkan hidup dengan manajemen waktu yang baik tanpa disadari merupakan bekal untuk tetap mampu hidup produktif.

Anda pun tak perlu mengorbankan pilihan antara bekerja dan menikmati hidup. Keduanya bisa berjalan beriringan selagi pintar menyiasati.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar