4 Cara Berbahaya Untuk Menghilangkan Stres

Bookmark and Share
Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk bisa keluar dari kepenatandan merasa rileks. Namun, tahukah kalau beberapa hal yang sering kitajadikan pilihan ‘jalan keluar’ untuk menghilangkan stres, kecemasan,dan beban kita, malah bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatankita.

Jangan biarkan sarana penggembira kita justru mengganggu hidup dan kesehatan kita, berikut 4 diantaranya:

Menonton TV.

Disetiapstudi-studi besar selalu ditemukan adanya hubungan antara menonton TVdan obesitas. Salah satunya yaitu dalam penelitian yang terdapat diJournal of the American Medical Association, dalam penelitian iniditemukan setiap kali kita menaikkan 2 jam durasi menonton TV kita,maka secara otomatis kita akan meningkatkan obesitas sebesar 23% danrisiko diabetes hingga 14%.

Bahayanyalagi, ketika menonton kita akan dijejali oleh ratusan iklan-iklan darijunk food dan makan-makanan lain yang mungkin saja kita sedang makanketika menonton televisi. Lebih baik pilih saja beberapa programfavorit kita. Lalu, habiskan sisa waktu kita untuk menjauh dari sofadan melakukan hobi kita yang menyehatkan.

Merokok.

Ketikatekanan pekerjaan atau hidup datang, rokok sering menjadi alat kitauntuk bisa merasa rileks. Padahal kita semua pasti sudah hafal ataubosan dengan peringatan bahaya merokok yang ada. Para perokok memilikirisiko terkena serang jantung 2 kali lebih besar, dan setiap batangrokoklah yang menjadi penyebab 90% angka kematian diakibatkan olehkanker paru-paru. Selain nikotin dan tar, masih terdapat ratusan zatkimia lain dalam asap rokok yang bisa menyebabkan kanker. Plus, merokokbisa membuat napas kita menjadi tidak sedap.

Makan terlalu malam.

Termasukkelompok orang yang sering melakukan santap malam terlalu larut?Mengonsumsi makanan terlalu malam sama artinya dengan menyantap junkfood dalam jumlah yang besar. Pada saat kita dilanda stres, kelelahanatau gelisah, biasanya hormon kortisol secara otomatis akan mengirimkansinyal ke otak mengisi ulang bahan bakar tubuh untuk mengantisipasikondisi darurat. Dan biasanya kita kan mengambil makanan berlemak atauyang mengandung gula. Makan telampau larut akan meningkatkan insulin,hormon penyimpan lemak, dan ketika tidur bisa dipastikan tubuh tidakakan melakukan pembakaran lagi. Dan itu tandanya, risiko obesitas akanmeningkat juga. Oleh karena itu, biasakan untuk mengunci mulut kitasetlah pukul 7 malam.

Berlari secara berlebihan.

Terkadangolahraga dipergunakan oleh beberapa orang sebagai senjata pengusirstres. Tapi jangan secara berlebihan dan dipaksa. Berlari secaraberlebihan atau disebut exercise bulimia, yaitu sebuah bentuk latihandimana tujuan utamannya adalah untuk membuang semua kalori yang tidakdibutuhkan tubuh, ketimbang menciptakan kesehatan dan tubuh yang bugar.Melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, dilakukan secaraberulang-ulang dan berlebihan, akan membuat kita kehilangkan kenikmatandalam berolahraga.

Tidak hanya itu, ‘pemaksaan’ ini akanmeningkatkan hormon kortisol, yang nantinya bisa merusak penampian kitadengan memperbesar lingkar pinggang kita, dan mengganggu bagian pentingdari otak yang berhubungan dengan ingatan. Oleh karena itu, jika inginberolahraga dan tetap merasa rileks, kata moderat adalah kuncinya.Misalnya dengan ber-jogging santai di pagi hari sambil menikmatipemandangan di taman terdekat. Tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar,cara ini juga akan memberikan ketenangan pada pikiran kita.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger