10 Cara Mengatasi Rasa Cemburu

Bookmark and Share
Boleh saja cemburu kepada pasangan, apalagi katanya cemburu tandasayang. Asal, cemburu masih dalam batas rasional. Menyadari kalau Andapencemburu berat akan lebih baik lagi, supaya bisa mencari solusi agarsi dia tak lantas pergi karena tertekan dengan pasangan yang terlalucemburu buta. Simak caranya mengatasi perasaan irasional Anda:

1. Cari tahu kenapa Anda cemburu
Langkahawal mengatasi rasa cemburu yang dirasa membawa energi negatif iniadalah dengan menanyakan diri sendiri apa akar masalah dari perasaanAnda. Apakah pengalaman kolektif yang membentuk karakter Anda menjadipencemburu seperti ini? Karena baik tindakan maupun pikiran Andaberulang kali terkoneksi langsung ke otak. Jadi, coba runutkanpengalaman Anda untuk temukan apa penyebabnya:

* Pengalaman masa lalu: mantan pacar pernah selingkuh dan Anda menjadi protektif karenanya.
* Berasumsi: Anda sendiri sebenarnya player, kemudian Anda berasumsi pasangan Anda pun sama dengan Anda.
*Peminum atau pengguna narkoba: zat racun ini memang sumber masalah danberefek samping yang membuat penggunanya menjadi paranoid.
* Takterbiasa dengan pasangan yang gaul: pasangan Anda tipe orang sosialyang punya banyak teman dan senang bergaul. Jika hal ini begitu asingAnda cenderung menjadi orang yang selalu curiga dan tak mudah percaya.
*Anda merasa minder: hadapi saja jika ini masalahnya, bahwa Anda merasatak sepadan dengan pasangan yang akhirnya membuat pikiran tak logis danselalu merasa takut kehilangan.
* Anda pesimis: menjadi sosok yangprotektif berlebihan menjadi cara bagi Anda untuk menjadi sempurna.Anda terlalu pesimis bahwa semuanya akan baik-baik saja jika berpikirlebih logis dan percaya pada pasangan.
* Pasangan selalumenceritakan masa lalunya: hubungan masa lalu pasangan membuat Andamenggila, apalagi jika sudah bicara mengenai romantisme.
*Suami/istri selalu ingin bercinta: bukannya senang mendapati pasanganyang selalu bergairah, Anda justru curiga bahwa jika Anda tak bisamemenuhinya, pasangan akan berpaling ke orang lain.

2. Bercerminlah
Cobaminta pasangan melakukan apa yang selalu Anda lakukan. Misalnya, karenacemburu Anda selalu menelepon sekadar ingin tahu keberadaan pasangan.Minta pasangan melakukan hal itu kepada Anda. Bercerminlah, bagaimanarasanya selalu diperhatikan berlebihan, yang cenderung tidak logis.Tunggu sampai Anda merasa begitu bodoh dan tidak rasional dalammenjalani hubungan. Dengan begitu Anda bisa mengerti bagaimana rasacemburu berlebihan berdampak buruk bagi hubungan.

3. Diskusikan dengan teman atau keluarga pasangan
Sebaiknyamulai bicarakan bersama teman dekat atau keluarga pasangan Anda. Caritahu lebih mendalam tentang pasangan Anda, dengan cara yang takberlebihan dan suasana akrab. Mintalah mereka menggambarkan sosokpasangan Anda seutuhnya, yang membuat Anda merasa yakin pasangan adalahyang terbaik untuk Anda. Atau sesekali bergabunglah bersama orangterdekat pasangan, untuk mengetahui bagaimana aktivitas pasangan dengandunianya. Dengan mengenal dunia si dia, Anda lebih bisa mengendalikanpikiran Anda dari perspektif berbeda, bukan sekadar asumsi dan dugaanAnda semata.

4. Hadapi ketakutan Anda
Anda perlu bergaul jugabersama teman-teman pasangan, terutama lawan jenis. Hadapi ketakutanAnda dengan lebih sering bersentuhan dengan pergaulan pasangan. Denganmenyelami dan berbaur bersama teman pasangan, Anda mulai bisa menerimadan belajar berpikir lebih rasional.

5. Ekspresikan rasa penasaran Anda
Cobalahbicarakan dan ungkapkan bagaimana perasaan Anda. Jangan berasumsi,utarakan saja apa yang membuat Anda cemburu dari setiap aktivitas yangmenggelisahkan Anda. Misalnya, jika pasangan mengatakan akan pulangterlambat karena lembur, cobalah tanyakan berapa lama waktu yang akandihabiskan untuk menyelesaikan pekerjaan. Jangan sekadar menuduh atauberasumsi dengan pikiran-pikiran Anda.

6. Ubah cemburu dengan menggoda pasangan
Godapasangan Anda dengan memperhatikan diri Anda lebih baik. Perhatikanpenampilan Anda, atau tunjukkan rasa percaya diri Anda. Jika punpasangan melirik pria tampan/wanita cantik, goda saja pasangan, bahwasi dia sedang berjalan bersama orang yang lebih cantik/tampan. Pastikansi dia menjadi berpikir, bahwa dia beruntung memiliki Anda.

7. Anda beruntung memenangkan persaingan, ingat itu!
Selalucatat dalam memori Anda, bahwa di antara orang lain yang pernahmengejar pasangan Anda lah yang berhasil mengambil hatinya. Anda yangmemenangkan persaingan itu. Cara ini bisa mengatasi rasa cemburu karenatoh Anda pemenangnya.

8. Sesekali mengetes pasangan
Jikamasih saja tak sanggup mengontrol rasa cemburu, mengetes pasanganmenjadi cara yang tidak rasional. Namun jika memang masih penasaran,sejumlah orang melakukan ini dengan mengirim orang lain untuk menggodapasangan, dari tampilan fisik yang nyaris sempurna. Cara ini digunakanuntuk mengetahui bagaimana pasangan meresponsnya. Seharusnya, jikapasangan tak peduli dan cuek dengan pancingan ini, Anda tak perlu lagicemburu kan?

9. Menyewa "detektif"?
Jika sudah pada tahapini, skala cemburu Anda sudah sangat berlebihan. Dengan bantuan"detektif" yang mengikuti dan merekam semua aktivitas pasangan, Andalantas terpuaskan. Jika ternyata pasangan melakukan kegiatan normal, diluar semua kecurigaan Anda, rasanya tak perlu lagi mencari kambinghitam dari perasaan cemburu yang seharusnya Anda atasi.

10. Lakukan terapi
Jikasemua cara di atas sudah dicoba, namun Anda masih saja dikuasai rasacemburu berlebihan, sebaiknya cari bantuan profesional yang bisamembantu Anda mengatasi persoalan psikologis, perasaan, dan pikiranyang tidak rasional.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger