Bahasa-Bahasa Gaul Anak Zaman Sekarang

Bookmark and Share
Bahasa Gaul merupakan bahasa anak-anak remaja gaul yang biasa digunakansebagai bahasa sandi. Bahasa ini mulai dikenal dan digunakan sekitartahun 1970. Awalnya bahasa ini dikenal sebagai "bahasanya anak jalanan/ bahasa preman" karena biasanya digunakan oleh para Prokem (sebutanuntuk para preman) sebagai kata sandi yang hanya dimengerti olehkelompok mereka sendiri. Belakangan bahasa inimenjadi populer dan banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari.Selain karena sering digunakan oleh para remaja untuk menyampaikansuatu hal secara rahasia (tanpa diketahui guru dan orang tua mereka),juga banyaknya media (televisi, radio, film, majalah, dan lain-lain)yang menggunakan kata-kata itu, sehingga bahasa gaul menjadi sangatpopuler.

BahasaGaul atau Bahasa Prokem terus berkembang dari masa ke masa. Adasebagian kata yang diperkenalkan sejak tahun 1970an dan hingga kinimasih sering dipakai. Namun tidak sedikit kata-kata itu sudah tidakdikenal lagi dan berganti dengan istilah lain yang lebih "funky".Kata-kata tersebut biasanya merupakan bahasa daerah yang dipelintiratau dipelesetkan artinya. Ada juga kata yang posisi konsonan danvokalnya diubah sedemikian rupa, menimbulkan bunyi baru yang cukup unikdan lucu kalo didengar.

1. ALAY :
Singkatan dari AnakLayangan, yaitu orang-orang kampung yang bergaya norak. Alay seringdiidentikkan dengan hal-hal yang norak dan narsis.

2. KOOL :
Sekilascara membacanya sama dengan "cool" (keren), padahal kata ini merupakansingkatan dari KOalitas Orang Lowclass, yang artinya mirip dengan Alay.

3. LEBAY :
Merupakanhiperbol dan singkatan dari kata "berlebihan". Kata ini populer ditahun 2006an. Kalo tidak salah Ruben Onsu atau Olga yang mempopulerkankata ini di berbagai kesempatan di acara-acara di televisi yg merekabawakan, dan biasanya digunakan untuk "mencela" orang yangberpenampilan norak.

4. JAYUS :
Saya tadinya mengira kata inimerupakan singkatan, namun setelah saya telusuri, ternyata bukan. Artisebenarnya adalah lawakan atau tingkah laku yang maunya melucu tapitidak lucu.
Istilah Jayus populer di tahun 90an dan masih sesekalidigunakan di masa kini. Dari cerita mulut ke mulut, konon ada seoranganak di daerah Kemang bernama Herman Setiabudhi yang kerap dipanggilJayus oleh teman2nya. Jayus sendiri adalah nama ayah dari Herman(lengkapnya Jayus Kelana) yang seorang elukis di kawasan Blok M. Hermanalias Jayus terkenal sebagai anak yang sering melawak tapi lawakannyakerap kali tidak lucu.

5. GARING :
Kata ini merupakan katadari bahasa Sunda yang berarti "tidak lucu". Awalnya kata-kata inihanya digunakan di Jawa Barat saja. Namun karena banyaknya mahasiswaluar pulau yang kuliah di Jawa Barat (Bandung) lalu kembali ke kotakelahiran mereka, kata ini kemudian dipakai mereka dalam beberapakesempatan. Karena seringnya digunakan dalam pembicaraan, akhirnya kataini pun menjadi populer di beberapa kota besar di luar Jawa Barat.

6. GANDENG :
Kataini pun merupakan kata dari bahasa Sunda yang berarti "berisik". Samaseperti garing, kata ini dibawa dan dipakai oleh para mahasiswa luarJawa Barat yang sempat kuliah di tanah Parahyangan itu, yang padaakhirnya membuat kata ini menjadi terkenal dan beberapa kesempatandipakai.

7. BEGICHU / BEGICYU :
Biasanya kata ini disebutkandengan penekanan di bagian belakang (yaitu memonyongkan bibir). Kataini sendiri digunakan secara tidak sengaja oleh seorang anak kecilbernama Saipuddin, 3 tahun, asal Madura. Kata ini kemudian banyakdipopulerkan oleh artis. Salah satunya adalah Titi DJ.

8. MENEKETEHE :
Kataini sebenarnya berasal dari kata "Mana Kutahu" dan diplesetkan olehTora Sudiro sekitar awal tahun 2000an, di acara Extravaganza TransTV.Istilah itu cukup populer dan saat ini cukup sering digunakan orang.

9. CING :
Sayamensinyalir kata ini sudah sering digunakan sejak tahun 1970an. Hal inisaya ketahui saat menonton film Si Pitung Banteng Betawi yangdibintangi oleh (alm) Dicky Zulkarnaen. Belakangan, di tahun 90an, kataini mulai sering digunakan orang lagi, terutama setelah seringdigunakan Debby Sahertian di sitkom Lenong Rumpi. Kata "cing" biasadigunakan sebagai sapaan untuk teman dekat. Misalnya, "Mau ke mana,Cing?"

10. EMBER :
Kata ini merupakan plesetan dari kata"Memang Begitu". Pertama kali dipopulerkan oleh Titi DJ yang secaratidak sengaja menyebut kata ini saat menjawab pertanyaan orang. Sejakitu, kata ini sering digunakan di berbagai kesempatan.

11. YIUK....!! :
Katayang merupakan bentuk ajakan ini dipopulerkan oleh Hennyta Tarigan danRina Gunawan (anggota grup GSP). Kata ini sempat populer di awal tahun90an dan sering digunakan oleh Lenong Rumpi. Di awal tahun 2000an, kataini kembali populer sejak digunakan oleh Indra Birowo dan Tora Sudirodi acara Exravaganza. Karena sering digunakan saat mereka berperansebagai bencong, maka kata ini identik dengan panggilan kaum waria /bencong.

12. BONYOK :
Kata ini merupakan singkatan dariBokap-Nyokap (orang tua). Tidak jelas siapa yang mempopulerkan kataini, tapi kata ini mulai sering digunakan diperiode awal 2000an, ketikabahasa sms mulai populer di kalangan remaja.
Bokap (Ayah) dan Nyokap (Ibu) sendiri merupakan istilah yang telah populer sejak tahun 80an dan masih digunakan hingga hari ini.

13. BISPAK :
Merupakansingkatan dari kata "Bisa Pakai". Kata ini mulai populer di pertengahan90an, dan biasanya digunakan sebagai kode rahasia untuk menyebutkanwanita / pria yang bisa "dipakai" (baca : ditiduri), tapi merekasendiri tidak mau disebut PSK (Pekerja Seks Komersial), karenaseringkali mereka melakukan hal itu "just for fun".Tidak jelas siapayang mempopulerkan kata ini tapi dari penelusuran saya, kata ini sudahakrab dan sering digunakan oleh para Eksmud (Eksekutif Muda) Jakartasekitar tahun 96an.

14. AKIKA :
Merupakan sandi untukmengatakan "Saya". Kata ini pertama kali dipopulerkan oleh kaum wariadi tahun 90an, yang dibakukan oleh Debby Sahertian dalam buku KamusGaul yang dibuatnya.

15. SUTRALAH :
Merupakan pemanjangan danplesetan dari kata "Sudahlah". Kata ini juga dipopulerkan oleh kaumwaria dan mulai populer di tahun 90an akhir.

16. SEMOK :
Berasaldari bahasa Jawa yang berarti "Montok". Kata ini belakangan seringdigunakan orang untuk menggambarkan wanita yang cantik dan seksi.

17. LOL :
Kataini belakangan ini sering dipakai, terutama dalam komunikasi chatting,baik di YM, FB, Twitter, atau pun komunitas yang lain. Kata itumerupakan singkatan dari Laugh Out Loud yang berarti "TertawaTerbahak-bahak".

18. CENGLI :
Merupakan kata dari bahasaHokkian yang berarti "Bertindak Adil". Kata ini memang lazim digunakanoleh masyarakat perantauan Tionghua dari suku Hokkia. Karena seringdigunakan dalam percakapan bisnis, maka lama-kelamaan menjadi kata umumyang digunakan dalam kegiatan sehari2.

19. WIL dan PIL :
Merupakansingkatan dari Wanita Idaman Lain dan Pria Idaman Lain. Tidak jelassiapa yang mempopulerkan istilah ini, namun saya menemukan kata-kataini sering digunakan dalam penulisan di majalah2 di era awal 2000an.Kedua kata itu biasa digunakan untuk menjelaskan wanita atau priasimpanan / selingkuhan.

20. AJIB :
Artinya Enak, Asyik, atauKlabing. Kata ini mulai populer di tahun 90an tatkala musik trance dannarkoba jenis shabu2 baru mulai populer. Kata ini biasanya digunakanoleh para penikmat kedua hal itu. Istilah ini diambil dari suarahentakan tempo musik trance yang kalo didengar dengar teliti memangterdengar seperti "Ajib, ajib.... ajib, ajib....".

21. ANJELO :
Merupakansingkatan dari Antar Jemput Lonte. Dari informasi yang saya peroleh,kata ini pertama kali digunakan sekitar tahun 2000an di daerah sekitarBogor untuk menyebut Tukang Ojek yang menjadi langganan para penjajacinta di sana.

22. JABLAY :
Kata ini dipopulerkan oleh TitiKamal saat menyanyikan lagu berjudul sama dalam film Mendadak Dangdut(2006).Merupakan singkatan Jarang Dibelai yang mengandung arti lebihjauh sebagai ungkapan hati seorang wanita yang jarang mendapatkanbelaian kasih sayang kekasihnya.

23. GETHO LOH..:

Kataini berarti "Demikian / Begitu", yang merupakan penekanan dari sebuahpenjelasan yang disampaikan oleh sang pembicara. Kata ini cukupterkenal di tahun 2007, karena sering digunakan oleh para penyiar radio(terutama radio anak muda) setiap kali selesai menjelaskan sesuatu.Kata ini makin populer manakala sering digunakan dalam berbagaipercakapan yang bernada jenaka (sekaligus norak) di berbagai acaratelevisi.

kaskus.us

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger