Cara Mengurangi Kadar Kolestrol Daging Kambing

Bookmark and Share
Terlalu banyak mengonsumsi daging kambing tentu bisa berdampak pada meningkatnya kadar kolesterol di dalam tubuh. Untuk mengurangi kadar kolesterol jahat ini, tak ada salahnya mengonsumsi beberapa nutrisi berikut.
Kolesterol adalah suatu zat yang diproduksi oleh hati dan banyak terdapat di dalam makanan seperti telur, daging dan produk susu. Menurut American Heart Association, kadar kolesterol jahat LDL tinggi adalah risiko kesehatan yang serius dan menjadi faktor risiko utama untuk mengembangkan penyakit jantung.

Namun perubahan pola makan yang sederhana bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, seperti dari buah dan sayuran. Ini karena buah dan sayur mengandung phytosterol yang diketahui bisa mengurangi serum kolesterol.
Berikut ini nutrisi yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, seperti dikutip dari Health.Harvard.edu, Sabtu (27/10/2012) yaitu:
1. Oatmeal
Konsumsi oatmeal adalah cara yang mudah untuk memperbaiki kadar kolesterol di dalam tubuh, karena ia mengandung serat larut yang baik menurunkan kadar kolesterol jahat. Tambahkan pisang atau strawberry untuk menambah manfaat yang didapat.
2. Kacang-kacangan
Sebuah penelitian menunjukkan konsumsi kacang almond, walnut, kacang tanah dan jenis kacang lainnya sebanyak 2 ons per hari bisa menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Kacang juga diketahui sangat kaya akan serat larut yang baik untuk turunkan kolesterol berlebih. Selain itu kacang juga memililiki nutrisi tambahan lain untuk melindungi jantung.
3. Buah apel, anggur, stroberi dan jeruk
Buah-buahan ini diketahui kaya akan pektin, yaitu sejenis serat larut yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL (Low Density Lipoprotein) yang dapat menyumbat pembuluh darah.
4. Belimbing
Buah belimbing diketahui mengandung pektin yang dapat mengikat kolesterol dan asam empedu yang ada di dalam usus dan membantu mengeluarkannya. Hal ini yang membuat belimbing dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dari tubuh.
Selain mengandung sumber serat yang baik, belimbing juga mengandung kalium yang tinggi serta natrium yang rendah, sehingga baik bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi). Kolesterol tinggi dan hipertensi seringkali dialami secara bersama-sama.
5. Mentimun
Serat yang terkandung dalam mentimun dapat membantu menurunkan kolesterol LDL. Satu buah mentimun bersama dengan kulitnya memiliki 1,5 gram serat, sehingga baik untuk turunkan kolesterol.
Berdasarkan laporan dalam American Journal of Clinical Nutrition ditemukan asupan serat secara langsung berkaitan dengan penurunan kadar LDL dan juga kolesterol total, karena ia membuang kelebihan kolesterol melalui feses.
sumber : detik.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar