Benarkah Ukuran Mr P Susut Seiring Pertambahan Usia?

Bookmark and Share
Jakarta, Banyak pria bertanya-tanya apakah ukuran penis akan menyusut seiring dengan bertambahnya usia. Pada kenyataannya, kadar hormon seks pria yang berperan penting dalam meningkatkan gairah seks memang menurun ketika bertambah tua. Namun apakah penurunan itu juga mempengaruhi organ seksual?

Seiring pertambahan usia, kadar hormon seks atau testosteron berkurang. Perubahan testoteron ini mempengaruhi performa seksual pria. Pada banyak kasus, rendahnya kadar testoteron ini berakibat pada ejakulasi yang tertunda, yaitu kesulitan untuk berejakulasi pada pria yang lebih tua.

Sebuah peneltian di Italia terhadap 2.437 orang pria yang diterbitkan pada tahun 2008 dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa rendahnya testosteron berkaitan dengan ejakulasi tertunda. Namun mengenai panjang penis, penelitian menemukan bahwa panjang penis sebenarnya tetap. Namun, elastisitas otot penis lah yang berkurang.

Kesimpulan ini diperoleh dari temuan para peneliti di Jerman terhadap 111 orang pria yang dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama terdiri dari pria berusia 18 sampai 19 tahun, dan kelompok kedua terdiri dari pria berusia 40 sampai 68 tahun.

Peneliti menemukan bahwa pria tua rata-rata memiliki penis yang lebih panjang dalam keadaan tidak ereksi. Namun, penis pemuda lebih panjang ketika ereksi.

"Saya percaya bahwa elastisitas tunica albuginea atau lapisan jaringan ikat yang mengelilingi penis menurun dengan usia, sehingga mempengaruhi ukuran penis," kata Dr Irwin Goldstein, seorang urolog dan editor Journal of Sexual Medicine seperti dilansir MSNBC.com.

Tunika ini merupakan serat elastis yang penting dalam ereksi penis. Penelitian lain juga telah menunjukkan bahwa konsentrasi serat elastis ini menurun sesuai dengan usia. Hal ini menyebabkan penis lansia ketika ereksi tidak sepanjang penis remaja atau pria paruh baya. Namun dalam keadaan tidak ereksi, justru penis lansia yang terlihat lebih panjang.

Sumber : detik

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger