Misteri dan Keindahan 7 Hutan Yang Tenggelam

Bookmark and Share
Istilahhutan terendam / tenggelam umumnya menggambarkan sisa-sisa pohon yangtelah dibanjiri oleh kenaikan permukaan laut. Hutan-hutan yang sepertiini dapat juga ditemukan lebih jauh ke pedalaman di danau.
Lalu apakah mereka hidup? Tentu tidak, mereka perlahan-lahan membusukdi dalam air. Berikut ini beberapa hutan yang unik tersebut

1. Lake Kaindy, Kazakhstan

Danau ini terletak di kedalaman hutan dengan ketinggian 2000m di ataspermukaan laut. Terbentuk dari longsoran batu kapur dan pengendapantanah. Danau ini membentuk bendungan alami dan sebuah ngarai yang indah.

Danau ini memiliki panjang panjang 400m dengan kedalaman 30m.Pemandangan yang sangat indah dihadirkan disini. Sisa-sisa pohon yangtidak terendam, menjulang bagaikan paku-paku kreasi dari alam.Sedangkan bagian yang terendam air, nampak menyimpan misteri sepertihutan yang berumur ratusan tahun.










2. Danau Bezid, Romania

Terletak di wilayah Transylvania Rumania, keunikannya adalah tidakhanya pemandangan indah namun juga sisi mistis yang dihadirkan di sini.Terbentuk setelah seluruh desa Bezid kebanjiran, meninggalkanrumah-rumah di dasar danau dan hanya gereja lokal menara danpohon-pohon masih terlihat menjulang di atas danau
 
Dahan-dahandan ranting pohon yang tua terlihat menjulang ke atas permukaan airseperti tangan-tangan yang membawa pesan mistis. Waduk ini jugamenyembunyikan sesuatu di bawah airnya, yaitu puing-puing desa yangtenggelam sehingga semakin menambah suasana indah dan juga misteri yangdihadirkan disana.





3. Danau Periyar, India

Danau Periyar sebenarnya waduk buatan, untuk sebuah daerah banjir yangdiciptakan pada tahun 1895 oleh pembangunan Bendungan Mullaperiyar.Tunggul pohon itu adalah sisa-sisa hutan yang dulu.

Disekitar danau kontur bukit-bukit yang berhutan menyediakan sumber airpermanen untuk satwa liar lokal, dan ini dikatakan sebagai salah satudari sedikit tempat di mana bendungan telah baik untuk di jadikanekosistem.
 





4. Waduk Udawalawe, Sri Lanka

Waduk ini menyajikan pemandangan sisa-sisa ribuan pohon hutan yang matiakibat terendam air yang mengisi bendungan buatan ini. Banyak sekalibinatang-binatang yang kehilangan habitatnya disini, Namun belakangan,waduk ini mulai kembali didatangi oleh berbagai kelompok danjenis-jenis hewan yang ada di sekitar lingkungan waduk ini.
 
Seringterlihat sekumpulan gajah-gajah yang sengaja mampir kesini, selainuntuk minum ada juga yang bermain-main dengan mandi di sini. Takketinggalan pula mulai banyak jenis-jenis ikan baru yang kedapatanmenghuni waduk ini.







5. Danau Volta, Ghana

Danau dibentuk oleh hidroelektrik Akosomba Dam, yang menyediakanpasokan listrik untuk banyak negara. Selesai dibangun pada tahun 1965,proyek ini memaksa sekitar 78.000 orang untuk melakukan relokasipermukiman baru, bersama dengan 200.000 hewan peliharaan mereka,sementara sekitar 120 bangunan dan tempat tinggal yang tak terhitungjumlahnya juga dihancurkan.

DanauVolta merupakan potensi sumber daya yang menjanjikan, pemerintah Ghanaberusaha untuk memanen 14 juta meter kubik kayu yang terendam, meskipuntidak tanpa kontroversi. Kayu keras tropis yang mungkin berharga,diawetkan oleh minimnya oksigen di dalam air. Tetapi beberapamengatakan penebangan di dalam air bisa menjadi ancaman bagi nelayandan mengganggu keseimbangan ekologi danau.
  






6. Danau Caddo,Texas

Danau Misterius ini tampak seperti Rawa-rawa dalam film horror. danauini tidak sepenuhnya tenggelam sehingga tumbuhan di sini tidak begitumati dan tidak begitu hidup. Namun di balik keseraman tersebut terdapatKeindahan yang luar biasa.



Aslitumbuhan runjung tenggara Amerika Serikat, pohon-pohon Cypressberkembang dalam habitat lembab, dan beberapa individu dapat hidupselama lebih dari 1.000 tahun.


Baldcypresses,yang berkembang dalam habitat berawa, memiliki pertumbuhan yang khasyang disebut cemara lutut, woody proyeksi di atas air yang merupakanbagian dari sistem akar dan memberikan dukungan struktural danstabilisasi - di situs rawan banjir seperti ini.




7. Kampong Pluk, Kamboja

Di Kamboja dapat ditemukan hutan lain yang mengambang, terdiri daripohon-pohon yang tumbuh keluar dari sebuah danau, akar kusut merekayang tersembunyi di bawah air.
 



Pohonyang tumbuh di Kampung Pluk adalah bakau dan habitat hutan lainnya.Mereka adalah rumah bagi berbagai satwa liar, termasuk monyet pemakankepiting, serta manusia yang panen udang dan tinggal di rumah pohon /rumah apung.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger