Mengapa Kita Tak Ingat Saat Dilahirkan?

Bookmark and Share

Apakah anda ingat saat dilahirkan??
Apakah mungkin kita dapat mengingat kejadian-kejadian setelah kita dilahirkan??

Otakmanusia memiliki kapasitas memori ribuan kali lebih tinggi darikomputer paling canggih yang ada saat ini. Massa abu-abu (gray matter)merupakan alat penyimpanan yang sangat bisa diandalakan. Namun, mengapakita tidak bisa mengingat masa balita atau saat pertama kita lahir kedunia?

Jangankan saat dilahirkan, otakkita juga tak bisa mengingat masa-masa ketika kita masih bayi ataubalita. Ternyata sekeras apa pun kita berusaha, ingatan kita hanya bisakembali sampai saat kita berusia 4-5 tahun.

Mengapa demikian?Salah satu teori menyebutkan hal ini karena faktor mielin, lapisanpelindung saraf yang membantu penghantaran sinyal-sinyal otak. Nah,sebelum berusia 5 tahun, mielin dalam otak bayi masih sangat sedikit."Mielin sangat penting untuk menjaga ingatan jangka panjang," kataJonathan Schooter, PhD, ahli psikologi dari University of BritishColumbia.

Teorilain menyebutkan, begitu kita mulai belajar berbicara, kita tidak bisalagi mengakses ingatan yang tercipta pada masa kita belum lancarberbicara. "Dengan makin berkembangnya kemampuan berbahasa seoranganak, cara ia berpikir juga akan berubah sehingga diduga lebih sulituntuk mengingat ingatan masa sebelumnya," katanya.
Mielin itu apa sih??

SelubungMielin adalah lapisan phospholipid yang mengelilingi akson pada banyakneuron. Sel Schwann mengsuplai mielin untuk neuron periferal, dimanaoligodendrosit mengsuplai ke sistem saraf pusat. Mielin merupakankarakteristik dari vertebrata (gnathostome), tetapi juga diangkat olehevolusi pararel beberapa invertebrata. Mielin ditemukan olehLouis-Antoine Ranvier pada tahun 1878.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger