Masabumi Hosono, Satu-satunya Orang Jepang Yang selamat dari Titanic

Bookmark and Share
Sinking of the Titanic - LIFE Images
Masabumi HosonoSinking of the Titanic - LIFE Images
Masabumi Hosono
Mungkin anda masih ingat salah satu adegan dalam film Titanicsaat sekoci terakhir akan diturunkan dan seorang pria nyelonong masukkedalam sekoci tersebut, padahal yang diutamakan saat itu adalahperempuan dan anak-anak terlebih dahulu yang diperbolehkan masukkedalam sekoci itu.Nah, kisah berikut adalah adegan setelah pria buleitu masuk kedalam sekoci penyelamat yang merupakan salah satu kisah heroikseorang penumpang Titanic yang berhasil ia catat dan catatannya iasimpan, ia menulis surat dalam bahasa Inggris kepada istrinya padakertas catatan Titanic tetapi setelah ia diselamatkan ia kemudianmenulisnya dalam bahasa Jepang. 

Tahun1910, Departemen Perhubungan Jepang mengirim utusan resmi bernamaMasabumi Hosono, 42 tahun ke Rusia untuk belajar dari negara tersebuttentang perkeretaapian. Hosono menyelesaikan tugas nya itu pada awal1912, kemudian ia pulang dan berhenti di London, dalam perjalananpulangnya dengan melintasi Atlantik dengan menggunakan kapal Titanic.Perlu dikatakan, bahwa perjalanannya tidak seperti yang direncanakan.
Pada tanggal 14 April jam 11:40, hanya empat hari setelah berlayar, Titanic menghantam gunung es.
ketikaia sedang nyenyak tertidur, 25 atau 30 menit setelah tabrakan terdengarsuara ketukan, kemudian Hosono segera keluar di kabin kelas dua . Iakemudian Berhasil keluar mencapai dek paling atas, namun sebagai orangasing, ia diperintahkan untuk menggunakan Dek yang lebih rendah, jauhdari perahu penyelamat. ’sementara tembakan isyarat darurat sedangditembakan ke udara terus-menerus, dan dengan warna biru berpendar dansuara yang cukup menakutkan. Somehow saya tidak dapat menghilangkanrasa ketakutan dan kesedihan, ‘tulis Hosono dalam suratnya.
Bagaimanaia berhasil mencapai Dek atas ?. ‘Saya mencoba untuk mempersiapkan diriuntuk saat terakhir tanpa persiapan, membuat pikiran saya tidakmeninggalkan sesuatu yang tercela seperti Jepang. Tetapi saya masihbisa mencari dan menunggu kesempatan untuk setiap kemungkinan untukbisa bertahan hidup ‘.
Tigakali ia mencoba untuk naik sekoci penyelamat namun oleh petugasdilarang karena yang didahulukan adalah wanita dan anak-anak, Akhirnyakesempatan ketiga datang ketika petugas penurun sekoci berseru ‘hanyatinggal untuk dua orang ! . Seorang pria melompat ‘Pemikiran Sayatertuju pada Istri dan anak-anak bahwa saya tidak akan lagi dapatmelihat Istri yang saya sangat cintai dan anak-anak, karena tidak adaalternatif lain bagi saya untuk berbagi dari takdir yang sama sepertiTitanic. Tetapi apa yang dilakukan orang pertama yang melompat kesekoci terakhir, membuat saya untuk mengambil kesempatan terakhir ini,Ia kemudian melompat masuk kedalam sekoci yang berisikan perempuan dananak-anak.
Satu dari beberapa sekoci penyelamat yang membawa Penumpang Titanic
Satu dari beberapa sekoci penyelamat yang membawa Penumpang Titanic
‘Setelahkapal tenggelam, kemudian muncul kembali, dengan orang-orang yangberjatuhan kedalam air sebelum akhirnya tenggelam. Sekoci kami juga diisi dengan isak tangis istri-istri, anak-anak, perempuan yang suaminyatidak terbawa dalam sekoci penyelamat ,khawatir tentang keselamatansuami dan bapak mereka. Dan saya benar-benar tertekan dan sengsarakarena itu, tidak mengetahui apa yang akan terjadi pada diri saya dalamjangka panjang setelah ini.
Hosonodiselamatkan oleh sekoci 13 tetapi dikecam di negaranya sendiri untukmelakukan hal yang tidak ksatria tersebut ketika banyak orang lainmeninggal dunia. Perdana menteri Jepang saat itu kemudian memecat iadalam pemerintahannya kemudian beberapa minggu kemudian memanggilnyakembali, namun citranya masih tetap tercoreng dan harian koran jepangmenjulukinya sebagai orang pengecut, buku yang mengutip masa hidupbeliau sebagai contoh tingkah laku yang memalukan dan seorang profesoretika menyebutnya orang tak bermoral .Bahkan Publik Jepang saat itumenganjurkannya untuk Hara-Kiri, untuk menyelamatkan mukanya.
Hosonotidak pernah melakukan bunuh diri, tetapi ia berharap dapatmengulanginya dan mati bersama Titanic. Ia tidak pernah membicarakanpengalamannya lagi, dan melarang apa pun yang menyebutkan tentangTitanic di rumahnya. Setelah beliau meninggal tahun 1939, sebagaiseorang pria yang hancur dan dilupakan banyak orang. Surat tersebutkemudian dipegang oleh istrinya, apa yang tertulis tersebut diyakinimenjadi satu-satunya kisah hidup yang ditulis oleh penumpang Titanicsendiri , Surat tersebut kemudian disimpan dalam laci hingga tahun 1997, ketika film blockbuster Titanic Premier di Tokyo, Masyarakat Jepangsaat itu sangat antusias untuk menyaksikan film Titanic karena adasatu-satu nya orang Jepang yang ikut dalam Perjalanan Titanic, MasabumiHosono, namun kali ini dengan lebih banyak simpati.
lebihdari 2.200 penumpang dan awak kapal Titanic, hanya bertahan lebih dari700, termasuk 316 dari 425 perempuan dan 56 dari 109 anak-anak. Bahkanjika setiap perempuan dan anak-anak telah di masukan dalam sekocipenyelamat, masih akan ada cukup ruang untuk hampir 700 dari 1.690orang pria, namun hanya 338 orang selamat, tidak semua priamelakukannya karena mereka telah menolak kesempatan untuk naik ke dalamsebuah sekoci, Banyak yang mengira inilah penyebab banyaknya korbandalam titanic.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger