Indonesia Punya Danau Kaldera Tertinggi Se-Asia Tenggara

Bookmark and Share
Kerinciboleh bangga dengan keberadaan Danau Gunung Tujuh yang merupakan danautertinggi di Asia Tenggara. Selain itu keberadaan Danau Kerinci yangmerupakan terbesar kedua setelah Danau Toba di Sumatera Utara. Sertaterdapat beberapa danau kecil lainnya dengan keindahan alamnya yangunik. Danau Belibis dengan alam yang masih asli memberikan sentuhanyang berbeda.



DanauGunung Tujuh merupakan danau kaldera yang terbentuk akibat kegiatangunung berapi di masa lampau. Pada ketinggian 1.996 m dpl, danau inimerupakan danau tertinggi di Asia Tenggara. Danau ini sering ditutupikabut dengan suhu rata-rata 17 0C. Luas Danau ± 960 ha dengan panjangberkisar 4,5 km dan lebar 3 km. Danau ini dikelilingi oleh tujuhgunung, yaitu Gunung Hulu Tebo (2.525 meter), Gunung Hulu Sangir (2.330m), Gunung Madura Besi (2.418 m), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagaijenis lumut (2.350 m), Gunung Selasih (2.230 m), Gunung Jar Panggang(2.469 m), dan Gunung Tujuh (2.735 m).

DanauGunung Tujuh dikenal sebagai Danau Sakti oleh masyarakat Kerinci. Airdanau selalu terlihat bersih bahkan daun-daun pun tidak ditemukanwalaupun terdapat banyak pohon tumbang dipinggir danau. Menurutmasyarakat sekitar Kejadian-kejadian aneh sering terjadi, sepertiperubahan cuaca secara tiba-tiba. Pada saat pembukaan wilayah danau,salah seorang pekerja menceritakan bahwa perahu yang ditumpanginyaberputar di tengah danau tanpa penyebab yang jelas. 

Masyarakatsekitar percaya bahwa Danau Gunung Tujuh dihuni oleh mahkluk halus yangberwujud manusia, bernama “Lbei Sakti” dan “Saleh Sri Menanti” denganbeberapa pengikutnya yang berwujud harimau.
 


DanauGunung Tujuh merupakan sumber penghidupan bagi beberapa warga desa.Terdapat beberapa pondok dipinggir danau yang digunakan oleh nelayansebagai tempat tinggal. Sehari-hari para nelayan mencari ikan denganperahu dan lukah, pagi hari lukah dipasang di tengah danau kemudiansorenya lukah ini diangkat. 

Perahuyang digunakan terbuat dari satu kayu bulat utuh dengan diameterberkisar 30-40 cm, kemudian dengan pengerjaan sedemikian rupa kayubulat ini dibentuk seperti perahu. Lukah yang digunakan oleh nelayanterbuat dari bilah-bilah bambu yang dianyam. Lukah ini diikat padabagian tengah tali, pada ujung tali diikatkan botol minuman (sejenisbotol Aqua) dan batu pada ujung lainnya sebagai pemberat.

Danauini terletak di Desa Pelompek Kecamatan Kayu Aro dengan jarak ± 56 kmdari Sungai Penuh. Untuk menikmati keindahan dan kesejukkan udara DanauGunung Tujuh pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan setapakselama 2-3 jam.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger