10 Transfer Unik dan Aneh dalam Sepak Bola

Bookmark and Share
Dalam satu dekade terakhir, sepak bola telah menjadi komoditas bisnisdi mana uang banyak memainkan peranan demi hidupnya sebuah permainandan kompetisi. Satu indikasi yang paling kentara adalah besarnya uangyang terlibat dalam transfer seorang pemain dari satu klub ke klub lain.


CristianoRonaldo masih memegang rekor sebagai pemain termahal ketika Real Madridmembelinya dari Manchester United dengan harga fantastis: 80 juta poundatau setara US$132 juta! Selain itu, Ronaldo juga menjadi pemain bolayang memiliki gaji tertinggi dengan bayaran hampir 11 juta pound pertahun! Namun jika dirunut ke belakang, dalam dunia sepak bola, ternyatatransfer pemain tak selamanya dinilai dengan uang. Berikut sepuluhnilai transfer yang bisa dibilang cukup unik dan 'aneh':

10.TONY CASCARINO Dari: Crokenhill ke Gillingham, 1982 Transfer: Satu setperangkat latihan Rumor yang beredar tentang masa depan pemain timnasRepublik Irlandia ini selalu menyebut bahwa ia dibayar dengan hargasatu potong besi seng, namun Cascarino sendiri mengklaim jikaGillingham membayar dengan 'beberapa peralatan latihan, baju olah ragadan barang-barang semacam itu'.

9. GARY PALLISTER Dari:Billingham Town ke Middlesbrough, 1984 Transfer: Satu set baju olahraga, satu tas bola dan jala gawang Pallister boleh saja mengukirprestasi bersama Manchester United, namun langkah pertamanya memasukidunia sepak bola tak terlalu glamor ketika ia hijrah dari Billinghammenuju tim lokal yang lebih 'besar': Middlesbrough di usia 19 tahun.Nilai yang diberikan The Boro sepertinya hanyalah apa yang terserak disekitar tenda kamp latihan saat itu. United kemudian membelinya dengannilai transfer yang menjadi rekor untuk seorang bek kala itu, yaknisebesar 2,3 juta pound di tahun 1989.

8. KENNETH KRISTENSENDari: Vindbjart ke Floey, 2002 Transfer: Udang segar senilai beratbadannya Penyerang yang satu ini membuat sebuah gebrakan di divisi tigaLiga Norwegia dengan mencetak banyak gol hampir di setiap laga - halyang menarik minat dari Floey. Yang terlihat aneh mungkin adalahbandrolnya yakni udang segar sebanyak berat badan Kristensen. Jumlahitu diukur dengan timbangan ala pertandingan tinju.

7. ZATKNIGHT Dari: Rushall Olympic ke Fulham, 1999 Transfer: 30 potongpakaian olah raga Pemain belakang yang mengemas 2 caps untuk timnasInggris ini hengkang dari klub non-liga ke Fulham, secara teknis denganstatus bebas transfer. Chairman Fulham, Mohamed Al-Fayed tak punyakewajiban untuk memberi apapun pada Rushall, namun sebagai wujud itikadbaik ia mengirimkan 30 potong baju olah raga.

6. ERNIEBLENKINSOP Dari: Cudworth ke Hull City, 1921 Transfer: 100 pound plussatu tong bir Blenkinsop adalah seorang bek kiri yang memiliki capslumayan untuk timnas Inggris yakni sebanyak 26 kali, bahkan menyandangban kapten di beberapa laga. Namun awal kepindahannya dari klub kampunghalaman ke Hull cukup sederhana: dengan sejumlah uang dan satu tong biruntuk menyenangkan mantan rekan satu timnya.

5. IAN WRIGHT Dari:Greenwich Borough ke Crystal Palace, 1985 Transfer: Satu set anaktimbangan Ian Wright, yang di kemudian hari menjadi penggawa Inggrisserta salah satu pemegang rekor gol terbanyak di Arsenal, sepertinyaditakdirkan untuk menjadi seorang tukang plester. Namun jalan hidupnyaberubah ketika manajer Palace, Steve Coppell menyaksikan penampilannyabersama Greenwich Borough. Janjinya hijrah ke Palace ditukar dengansatu set anak timbangan, dan enam tahun kemudian ia menuju Arsenalberkat torehan 117 golnya.

4. JOHN BARNES Dari: Sudbury Court keWatford, 1981 Transfer: Satu set baju olah raga Pemain yang kelakmenjadi winger andalan Inggris serta legenda Liverpool ini masihberusia 17 tahun kala membela Sudbury Court, dan manajer Graham Taylormemberinya kesempatan seleksi di tim cadangan Watford. Terkesan denganperforma Barnes, satu set baju olah raga pun dikirim Watford keSudbury. Lima tahun kemudian, Liverpool ganti mengirim 900.000 pound keWatford untuk memboyongnya.
3. MARIUS CIOARA Dari: UT Arad ke RegalHornia, 2006 Transfer: 15 kilogram sosis - Bek Rumania ini ditukarkandengan 15 kilogram sosis -, namun ia memutuskan pensiun satu harisesudahnya dan klub barunya, Regal Hornia pun meminta sosis merekakembali. Setelah hari itu, Cioara meninggalkan sepak bola dan memilihbekerja di pertanian Spanyol dan mengatakan bahwa momen tersebut adalah'sebuah penghinaan besar'. Tak cukup sampai di situ, mantan klubnyameminta kembali bayaran yang sudah mereka keluarkan - senilai satu harimakan malam untuk tim.

2. ION RADU Dari: Jiul Petrosani keValcea, 1998 Transfer: 2 ton daging Jiul Petrosani memutuskan untukmenjual gelandangnya ini demi dua ton daging sapi dan -. Presiden klubmenyatakan: "Kami akan menjual daging ini, kemudian membayar semua gajipemain lainnya."

1. LIVIU BAICEA Dari: Jiul Petrosani ke UTArad, 1999 Transfer: 10 buah bola sepak Jiul Petrosani dan klub Rumanialainnya, UT Arad tampaknya memiliki kebiasaan untuk melakukankesepakatan unik. Setelah menjual Radu untuk dua ton daging - Jiul jugamenjual bek Liviu Baicea dengan harga sepuluh buah bola sepak.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger