10 Pekerjaan Yang Butuh Kebohongan

Bookmark and Share
Bohong itu dosa? Hmmm… tak dipungkiri terkadang kita perlu kebohongandi dalam hidup kita, terutama dalam pekerjaan. Simak saja ulasannya.

Dalambekerja, tak hanya dibutuhkan skill menjual, bargaining, mendesain,atau berbicara saja. Berbohong, adalah salah satu skill yang ternyatajuga harus dimiliki oleh beberapa pekerjaan berikut ini:

1. Pramuniaga Baju
“WahAnda pasti cocok sekali mengenakan warna ini, terlihat pas lho dikulit. Silahkan dicoba saja, saya akan membantu Anda mencarikan ukuranyang pas untuk Anda.” Demikianlah yang sering dikatakan oleh sangpramuniaga di sebuah butik yang Anda kunjungi.

Saat Anda sedangiseng melihat-lihat koleksi yang mereka miliki, dan terpaku pada sebuahbaju, langsung si pramuniaga akan menghampiri dan menyapa Anda denganramah. Dengan cekatan mereka pun mengambilkan beberapa ukuran untukAnda, sehingga Anda tak kuasa untuk menolaknya. Alhasil, Anda yangtadinya hanya berniat cuci mata, keluar dari butik sambil menentengsebuah tas belanjaan. Tak hanya pandai menjual, si pramuniaga jugapandai berbohong. Anda sebenarnya lebih cocok mengenakan boot cutketimbang slim leg, tetapi dia berhasil juga membujuk Anda.

Skill kebohongan: 3
Apayang dilakukan oleh sang pramuniaga tak termasuk kejahatan, karena padadasarnya ia hanya berusaha mempengaruhi Anda untuk membeli barang yangia tawarkan. Tergoda atau tidak itu adalah sepenuhnya di bawah kendaliAnda. Namun 80% dari wanita yang keluar masuk butik, berhasil merekarayu dan pulang dengan membawa barang belanjaan.

2. Pramuniaga Kosmetik
Andatahu kenapa pramuniaga kosmetik adalah mereka yang berparas cantik?Tujuannya hanya satu, untuk menarik para pelanggan membeli produkmereka. Sekalipun sama-sama wanita, namun sebagai wanita kita jugamengagumi kecantikan wanita lain lho. Tak heran jika tiba-tiba Andamampir ke gerai kosmetik dan berbincang dengan pramuniaga yang sudahmengeluarkan semua senjata testernya.

“Warna ini akan memberikankesan langsing untuk pipi Anda. Bisa dipadukan dengan lipstik nude pinkagar terlihat lebih remaja dan alami. mari saya tunjukkan bagaimanaaplikasinya di wajah Anda.”

Skill kebohongan: 2
Sekalipunpramuniaga ini cantik, namun skill kebohongannya masih kalah ketimbangpramuniaga baju yang lebih mudah meyakinkan customer dengan triknya.Pun demikian, tak sedikit lho customer yang berhasil dirayu dan sedikitdikelabui dengan kepiawaiannya memadu padankan warna. Apalagi wanitaselalu ingin tampil cantik dan menghilangkan pipi chubby mereka.

3. Dokter
Masihingat tidak saat Anda kecil dulu. Ketika harus disuntik vaksin cacar,sang dokter akan mengatakan, “Nggak sakit kok, dik, rasanya sepertidigigit semut.” Apakah benar demikian? Tentu tidak, disuntik dengandigigit semut adalah dua hal yang jauh berbeda. Saat disuntik, maka adabahan kimia/obat yang diinjeksikan ke dalam tubuh. Sementara semut,menggigit sebagai perlawanan mereka.

Memang kebohongan yangdilakukan oleh dokter tersebut demi kebaikan. Tetapi saat Anda sudahdewasa tentu Anda juga sebal kan, kenapa harus bilang rasanya sepertidigigit semut? Tak adakah cerita kreatif lainnya?

Skill kebohongan: 5
Dokterpada akhirnya selalu bisa membujuk kita. Mengatakan disuntik sepertidigigit semut? Hmm… memang sangat konyol sekali. Tetapi walaupun kitamenangis, toh akhirnya kita juga mau disuntik olehnya kan?

4. Guru
Seorangguru memang bertugas memberikan pelajaran kepada kita. Tetapi guru jugasekaligus menjadi sosok yang sering membohongi kita lho. “Kejadian inisebenarnya terjadi saat saya masih duduk di taman kanak-kanak, tetapisaya masih ingat walau hanya beberapa penggal.

Saya tak pernahjauh dari ibu, dan berharap ia bisa menemani saya ke manapun, termasuksaat saya harus mulai bersekolah. Saat itu saya menangis saat ibu takdiijinkan masuk, saya pun mogok selama beberapa hari. Setelah berhasildibujuk ibu, saya mau kembali ke sekolah. Dan hari itu ibu saya jugatak diijinkan masuk. Namun kali ini ibu guru tak mengatakan bahwa ibusudah pulang, melainkan sedang belajar di ruang sebelah. Jika sayapandai, saya akan segera naik ke kelas sebelah bersama ibu. And itworks! saya tak lagi menangis” Aurora – 27 tahun.

Skill kebohongan: 5
Gurumemang paling tahu bagaimana cara menangani anak-anak yang menangiskarena tak ingin jauh dari ibunya. Dan dengan berbagai cara berusahamengalihkan perhatian kita dan membuat kita lupa bahwa sebelumnya kitasedang mencari ibu. Namun, kebohongan ini memang baik untuk kita.Setidaknya melatih kemandirian dan keberanian kita saat mengawali usiasekolah.

5. FotograferWoman menyebut kebohongan yangdilakukan oleh fotografer sebagai manipulasi. Ya, mereka memang sangatpandai membohongi mata dengan kepiawaian mereka memainkan kameranya.Membuat Anda tampak langsing atau lebih putih dalam sekejap. Walaupunhasilnya hanya pada cetakan hasil jepretan saja, namun banyak yangmenyerahkan foto-foto pre wedding mereka kepada tangan para maestrofotografer di bidang pernikahan. Namanya menikah, tentu ingin kanterlihat cantik sepanjang masa?

Skill kebohongan: 5
Manipulasisang fotografer kebanyakan selalu berhasil sempurna. Apalagi didukungoleh customer yang memang sengaja ingin dibohongi dengan teknikpengambilan foto dan sedikit editing.

6. Sopir taksi

SaatAnda sudah cemas melihat argo yang semakin melompat dari detik kedetik, ternyata Anda tak juga sampai di tujuan. Penasaran sekaliguscemas Anda bertanya pada sopir yang membawa Anda saat itu, apakahperjalanan masih jauh. Dan ia pun menjawab, “sudah dekat kok, bu.Sebentar lagi kita sudah sampai,” katanya. Kenyataan yang terjadi, Andatak kunjung sampai, dan harus harap-harap cemas uang di dompet cukupuntuk membayar biaya taksi yang cukup besar itu.

Well,kebohongan yang satu ini terkadang bisa masuk dalam kategori kriminal,terutama jika mereka sengaja berputar dan mencari jalur yang lebihjauh, demi meraup keuntungan lebih dari argo mereka. Dan jika terjadihal seperti ini, segera laporkan pada customer service perusahaan taksitersebut.

Skill kebohongan: 4
Mereka pada umumnya hanyaberkata, ‘sudah dekat’, ‘tak jauh lagi’, ‘sebentar lagi sampai kok’,namun 15 menit berjalan, Anda belum juga sampai ke tujuan. Segerahubungi rekan atau keluarga Anda dan tanyakan lokasi yang Anda tujusebenarnya.

7. Resepsionis Hotel

Anda mungkin tak menyangkabahwa di off season ini hanya ada 2 kamar saja yang kosong, dan Andasangat beruntung mendapatkan salah satunya. Anda pasti berpikir, ahsungguh lega dan beruntungnya saya. Namun jangan keburu senang, haltersebut memang sesekali dilakukan oleh pihak hotel agar tamu merasabahwa mereka mengunjungi hotel yang layak dan punya nama. Sekalipunmungkin tak semua kamar terisi penuh, namun mereka akan memberikankesan bahwa tamu adalah orang yang beruntung bisa tinggal danmendapatkan kamar yang istimewa. Inilah cara yang digunakan agar tamujadi betah dan menjadi pelanggan tetap.

Skill kebohongan: 3
Skillkebohongan para resepsionis hotel memang patut diacungi jempol. Namunterkadang seseorang memilih area hotel bukan hanya karena pelayanannyasaja, tetapi juga karena dekat dengan lokasi yang dituju. Tak lebihdari 40% orang yang setia pada hotel favoritnya, walaupun jauh darilokasi yang akan ia kunjungi.

8. Aktor/Aktris
Ya, skillkebohongan mereka bisa dikatakan paling sempurna, karena mereka memangdituntut untuk bisa memerankan aneka macam karakteristik manusia.Terkadang berperan protagonis atau antagonis. Dan hal tersebut bisadikatakan sebagai kebohongan pada penonton, yang sekaligus ditunggu,menghibur dan bahkan menjadi ajang penghargaan. Semakin hebatkebohongan yang dilakukan, semakin meyakinkan akting seorang artis, dansemakin laku pula film yang diperaninya.

Skill kebohongan: 5
Well,tak perlu diragukan skill mereka dalam membohongi orang lain(berakting). Dan kebohongan yang ini patut diacungi jempol (dalam artipositif) terutama jika seseorang bisa memerankan karakter yang sangatsulit dan rumit.

9. Sekretaris
“Selamat siang. Mohon maaf,pak, saat ini atasan kami sedang meeting. Apakah bapak akanmeninggalkan pesan?” ungkap seorang sekretaris saat menerima telepondari seorang klien. Dan apakah si bos selalu sibuk meeting? Tidak!Terkadang si bos memang sengaja memberi black list pada beberapa klienyang mereka anggap mengganggu dan tak masuk daftar kerja sama. Berbedaapabila klien yang menelepon sangat penting. Sesibuk apapun atasanAnda, ia akan meminta Anda untuk mengganggunya.

Skill kebohongan: 3
Jawabanmereka selalu meyakinkan, namun tak sepenuhnya klien langsung percaya,karena kebanyakan orang sudah tahu saat seorang atasan mengatakandirinya sibuk, maka ia tak ingin menerima telepon.

10. Sales Rumah

“Ohrumah ini memiliki sejarah yang bagus, Pak. Sangat nyaman danditinggalkan oleh si empunya rumah karena harus pindah dinas di daerahlain,” katanya sambil menunjukkan beberapa spot yang gelap dan menurutAnda kurang nyaman. Benar saja, beberapa waktu kemudian Anda berusahamencari tahu jati diri dan sejarah rumah tersebut, ternyata usut punyausut, beberapa bulan lalu rumah tersebut disatroni oleh perampok. Dan,bukan hanya sekali ini saja. Sempat berganti beberapa orang pemilik,semuanya disatroni perampok.

Skill kebohongan: 4
Ya, merekabisa saja menyusun sebuah cerita horor, romantis, atau komedi tentangrumah yang mereka tawarkan. Namun sejarah tak pernah berbohong, jikamemang rumah tersebut menyimpan sejarah yang buruk, cepat atau lambarAnda akan mengetahuinya. Untuk itu, selalu berhati-hati dalammemutuskan membeli sebuah rumah.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger