Berhasil Melawan 6 Jenis Kanker Selama 13 Tahun

Bookmark and Share
Biasanya orang harus berjuang mati-matian untuk mengalahkan 1 kanker di tubuhnya. Tapi seorang ayah berjuang untuk mengalahkan 6 serangan kanker yang terpisah dan harus menjalani 40 kali operasi dalam waktu 13 tahun.



Chris Underwood-Frost pernah memiliki beberapa tumor di berbagai bagian tubuhnya sejak ia pertama kali terkena kanker kulit pada tulang bahunya di tahun 1999. Saat itu ia diberitahu hanya bisa bertahan hidup selama 18 bulan saja.

Ayah berusia 50 tahun asal Gainsborough, Lincolnshire ini telah bertahan dari kanker kulit pada tahun 1999, limfoma di bawah lengannya pada tahun 2000, benjolan di dadanya pada tahun 2006, kanker paru-paru pada tahun 2009 dan kanker kandung kemih pada tahun 2011. Namun ia mulai 'terbiasa' ketika didiagnosis dengan kanker untuk ketiga kalinya pada tahun 2006.



"Seumur hidup saya tidak pernah merokok, karenanya ketika diketahui memiliki kanker paru itu seperti tendangan nyata di selangkangan," ujar Underwood-Frost, seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (17/2/2012).

Underwood-Frost menuturkan ia selalu menjadi kritikus bagi orang-orang yang merokok, bahkan ia benci sekali ke pub malam atau pulang dengan bau rokok di tubuhnya.



"Ketika dokter bedah saya mendiagnosis kanker lagi di tubuh saya maka ia pun langsung bersikap menghapusnya dalam waktu 2 jam," ujar Underwood-Frost yang kini merawat anak tunggalnya Max (8 tahun).

Underwood-Frost diketahui mengangkat tumor terakhirnya yang terletak di kandung kemih pada 2 pekan lalu dan masih harus mengonsumsi obat interferon untuk membantu memerangi kanker apapun yang mungkin datang atau kambuh kembali.




Obat ini merupakan zat alami yang diproduksi dalam tubuh manusia dan digunakan oleh sel untuk melawan bakteri, virus dan sel tumor. Seseorang normalnya menghasilkan 1 juta unit interferon, tapi Underwood-Frost membutuhkan 9 juta unit sehari, karenanya ia membutuhkan bantuan obat dari luar.

"Beberapa orang bertanya bagaimana saya mengelola ini untuk tetap bertahan. Saya hanya berterimakasih pada semua dokter yang telah membantu saya memiliki 8 tahun fantastis dengan Max," ungkapnya.



Underwood Frost yang juga anggota Polisi Otoritas Lincolnshire mengungkapkan ada pelajaran yang bisa diambil dari pertempurannya dengan berbagai penyakit yang dialami, yaitu selalu periksakan jika memiliki kekhawatiran sedikitpun.

"Untuk laki-laki terutama, jangan mengabaikan sesuatu, segeralah pergi ke dokter dan periksakan jika menemukan sesuatu yang aneh. Mungkin terdengar lucu tapi hal yang paling penting adalah sikap mental positif, saya tidak pernah mengambil hal tersebut terlalu serius," ujar Underwood-Frost.

Underwood-Frost diketahui pernah bertugas dalam Angkatan Darat selama 6 tahun, beberapa pelatihan yang didapatnya membuat ia memiliki kemampuan untuk mengatasi kondisi tersebut. Ia menuturkan bahwa disiplin dan tekad dari dalam dirinya untuk menolak dikalahkan menjadi faktor penting.




sumber :http://health.detik.com/read/2012/02/17/103111/1844842/763/berhasil-melawan-6-jenis-kanker-selama-13-tahun?l1101755

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger