Namdur Betina, Burung Paling Materialistis

Bookmark and Share
Bowerbirdatau burung Namdur jantan, seperti layaknya kaum pejantan dari spesieslain, mencari perhatian calon pasangan betinanya dengan memamerkankekayaan. 




Sebagai contoh, ia bisa mengumpulkan sampai 5 ribu buah batur, tulang,kerang, hingga berbagai benda buatan manusia untuk membangun sarang dimana ia akan menunggu betina yang tertarik. Dan seperti pejantanumumnya, Namdur jantan juga menyombongkan apa yang mereka punyai.

Selain itu, Namdur jantan juga harus pandai merayu dengan beratraksi didepan si betina dengan menyanyi dan memamerkan kebolehan lainnya.Namdur betina kemudian akan memilih pejantan yang paling “kaya” yangmemiliki sarang paling bagus serta menarik dan yang berbakatlah yangberhak mengawininya. 
Ternyata,tidak itu saja. John Endler, ekolog asal Deakin University, Australiamelaporkan, burung Namdur jantan juga menggunakan perhiasan-perhiasanyang mereka kumpulkan untuk membuat ilusi optik.


 

burung Namdur jantan akan mengatur pernak-pernikmereka dari ukuran yang terbesar hingga terkecil. Mereka menyusunnyasedemikian rupa hingga membentuk jalan yang menuju ke sarang mereka.
Penyusunanpernak-pernik itu membuat sarang mereka seolah-olah terlihat lebihkecil, sedangkan para pejantan tampak gagah bagi para betina yangmelihat ke arah sarang itu.

“Menggunakan trik ini, yang disebutdengan forced perspective, pejantan dapat merayu para betina yangmelintas dengan postur tubuh mereka yang seolah-olah tinggi besar,”ucap Endler.

Saat objek yang sudah disusun Namdurjantan diacak, mereka kemudian segera mengembalikan susunannya keposisi yang benar, sesuai dengan yang sudah mereka buat sebelumnya.Pasalnya, bila tidak menarik, Namdur betina akan begitu sajameninggalkan sarang pejantan yang malang itu.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger