Danau Paling Asin di Seluruh Dunia

Bookmark and Share
Danau garam dengan berbagai ukuran tersebar di beberapa tempat di Rusiadan Kazakhstan. Salah satunya adalah Danau Baskunchak. Danau inimerupakan sebuah danau berair asin berukuran luas 115 kilometer persegidi kawasan Astrakhan Oblast, Russia.


Danau Baskunchak, danau paling asin di seluruh dunia

lokasi Baskunchak berada di sekitar 270 kilometer utara LautKaspia dan 53 kilometer ke arah timur Volga, sungai terbesar di Eropa.


Baskunchak sendiri bukanlah danau asin terbesar di negeri itu. Rusiamasih punya danau Elton yang berada di kawasan Volgograd Oblast, Rusia,dekat perbatasan Kazakhstan. Danau Elton memiliki luas 150 kilometerpersegi dan memiliki kedalaman 30 sampai 60 sentimeter.


Meski demikian, Baskunchak merupakan danau asin dengan kadar garamtertinggi di dunia. Ia juga memasok 80 persen dari total produksi garamRusia.


Salinitas air di danau itu mencapai 300 g/l (gram per liter). Daripenelitian, garam di danau itu juga sangat murni, mencapai 99,8 persenNaCl. Tergantung kebutuhan, sekitar 1,5 sampai 5 juta ton garam dikerukdari danau itu per tahunnya.


Air yang ada di Baskunchak berasal dari sungai yang mengalir. Adapunketinggian permukaan danau itu berada di 21 meter di bawah permukaanlaut. Sejak tahun 1997, kawasan danau Baskunchak dilindungi ketatsebagai cagar alam.


Pada bagian selatan danau terdapat ‘Gunung’ Bolshoye Bogdo. Gunung inimemiliki ketinggian 150 meter di atas permukaan laut dan menjadidataran tertinggi di kawasan cekungan Kaspia. Akibat penumpukan garam,gunung Bolshoye Bogdo juga bertambah tinggi hingga 1 milimeter pertahun. Bagi warga Kalmyk yang tinggal di sekitarnya, gunung inimerupakan tanah suci.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger