11 Cara Membuat Otak Lebih Cerdas

Bookmark and Share
Para ilmuwan dari University of California, Berkeley, AS, pernahmeneliti otak tikus. Mereka menemukan, otak tikus tumbuh sebesar 4persen saat mereka dipaksa menjalankan tugas mental setiap hari,misalnya mencari jalan keluar dari lorong yang berliku, memanjattangga, dan bersosialisasi dengan tikus lain.

Nah,otak tikus saja bisa dilatih untuk tumbuh, apalagi otak manusia. Makindilatih, otak kita pasti kian tajam. Kehilangan daya ingat dalam jumlahtertentu pada usia berapa pun adalah wajar, sama seperti terjadinyaperubahan pada organ tubuh lain. Yang penting, jangan malas untuk rajinmelatih otak kita agar daya ingat tetap kuat sepanjang masa.

Inilah 11 Cara membuat Otak Anda Lebih Cerdas

1. Latih kemampuan mengamati.
Perhatikanlingkungan sekitar. Rekam dalam pikiran apa yang Anda lihat, mulai dariyang paling sederhana dan diteruskan dengan observasi yang lebih rumit.

2. Asah indra.
Bisadilatih dengan membedakan rasa makanan yang disukai dan yang tidak.Menyadari bau dan aroma di sekitar atau bunyi-bunyian yang ada di jalanatau mungkin rasa panas atau dingin udara di sekitar Anda.

3. Hafalkan nama teman-teman dan pasangkan nomor teleponnya.
Ada berapa yang bisa diingat Latih supaya bisa mengingat lebih banyak.

4. Pelajari sesuatu yang baru.
Banyakmembaca dan berkenalan dengan hal-hal lain yang mungkin bukan bidangAnda, bisa bahasa asing, pengetahuan tentang komputer, dan lain-lain.

5. Gunakan tangan supaya mengikuti petunjuk otak.
Misalnya bermain gitar, mengetik tanpa melihat tuts, mengerjakan prakarya dari kayu, atau berlatih menulis halus.

6. Tekuni hobi.
Gunakan kesempatan untuk mengembangkan hobi Anda.

7. Pelajari dan hafalkan tanggal-tanggal penting, menyangkut anggota keluarga, teman, atau perayaan tertentu.

8. Hafalkan sesuatu yang Anda sukai.
Bisajadi itu puisi, lagu, kalimat dari sebuah buku atau kata-kataseseorang. Sebisa mungkin juga usahakan agar kalimat yang digunakanadalah bahasa asing.

9. Latihan menghafal urutan angka berderet panjang, misalnya 32145687390282930498.
Iniadalah bentuk latihan memperbaiki daya ingat jangka pendek. Lakukandengan mengelompokkan atau memecah bilangan itu menjadi beberapabagian, misalnya 3214568 kemudian 7390282 dan terakhir 930498.

10. Ingat perjalanan pribadi.
Apayang sedang Anda kerjakan satu jam lalu, minggu lalu pada hari Rabupukul 10.00, misalnya. Dengan siapa, di mana, dan seterusnya.

11. Ingat dan teliti ulang pengeluaran harian.
Apayang Anda beli kemarin Berapa uang yang ada dalam dompet Anda sekarangKapan Anda terakhir mengambil uang tunai, dan seterusnya.

Latihan-latihanini akan memungkinkan sel otak tetap aktif dan jaringan penghubungantarsel otak semakin rapat. Kegiatan mental yang menantangmeningkatkan jumlah sirkuit aktif atau sinapsis dalam otak. Semakinbanyak sirkuit, semakin banyak asosiasi, makin besar pula kemampuanmengingat.


httpbaru2.netcara-ampuh-membuat-otak-jadi-cerdas.html

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger